Lembaga Audit Sertifikat SMK3

Lembaga Audit Sertifikat SMK3 melaksanakan Implementasi kebijakan Sistem manajemen K3 dengan menekankan pada suatu tindakan-tindakan, baik yang dilakukan oleh pihak pemerintah maupun individu (atau kelompok), perusahaan swasta, yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu keputusan kebijakan K3 sebelumnya.
Dibantu oleh Konsultan Audit SMK3 yang ditunjuk oleh perusahaan.

Tindakan-tindakan ini yang Lembaga Audit Sertifikat SMK3 lakukan, pada suatu saat berusaha untuk mentransformasikan keputusan menjadi pola operasional, serta melanjutkan usaha tersebut untuk mencapai perubahan baik yang besar maupun kecil yang diamanatkan oleh keputusan kebijakan tertentu.
Nusa7 Konsultan melaksanakan implementasi SMK3 untuk Lembaga Audit SMK3 Disnakertrans.
Kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Permasalahan yang melatarbelakangi sehingga ditetapkannya kebijakan K3 oleh perusahaan adalah :
(a) Kebutuhan terhadap pentingnya K3 bagi perusahaan belum menjadi prioritas.
(b) Keterlibatan pimpinan perusahaan terhadap K3 pada umumnya masih kurang.
(c) Penerapan K3 pada umumnya masih pada perusahaan perusahaan yang berpotensi bahaya tinggi seperti pada sektor migas, petrokimia, jasa kontraktor, manufaktur dan pada perusahaan asing.
(d) Keterbatasan pegawai pengawas keselamatan dan kesehatan kerka di Kabupaten/Kota baik secara kuantitas maupun kualitas merupakan kendala pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah.
(e) Penegakan hukum terhadap pelanggaran norma/ peraturan perundangan di bidang ketenaga kerjaan masih belum optimal.

Kebijakan K3 merupakan perwujudan dari komitmen pucuk pimpinan yang mamuat visi dan tujuan organisasi, komitmen dan tekad untuk melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja. Pelaksanaan implementasi Sistem Manajemen K3 ( SMK3) , akan dilakukan audit oleh Lembaga Audit Sertifikat SMK3 sesuai kebijakan K3, ini merupakan komitmen perusahaan menyangkut masalah kualitas keselamatan dan kesehatan dalam menjalankan proses dan aktivitas bisnis. Kebijakan ini memberikan kerangka kerja bagi operasi bisnis perusahaan yang harus dipahami oleh karyawan dan semua orang yang berkepentingan (kontraktor, subkontraktor, karyawan ).

Kebijakan K3 pada implementasi SMK3 perusahaan dituangkan dalam bahasa yang mudah dipahami dan diletakkan di lokasi area kerja yang mudah jangkau / dilihat oleh umum. Hasil observasi menunjukkan bahwa, di beberapa area kerja seperti area produksi, bengkel, Laboratorium Quality Control (QC), ruangan manajemen, pos security, bahkan di kantin-kantin tempat karyawan beristirahatpun terpasang kebijakan K3. Hal ini bertujuan selain mudah dijangkau oleh umum, memudahkan penilaian oleh Lembaga Audit SMK3, juga untuk mengembangkan program K3 secara menyeluruh dan terintegrasi di semua lini perusahaan.

Nusa7 Konsultan melaksanakan implementasi Sertifikasi Sertifikat SMK3 untuk Lembaga Audit SMK3 Kemnaker.
Call Us 085100 611236 – 082245304466