Sertifikat Audit SMK3

Pra Audit SMK3 dilakukan pihak Konsultan Audit SMK3 membantu meminimalkan resiko kegagalan perusahaan dalam meraih penghargaan Sertifikat Audit SMK3 dengan biaya yang sesuai, syarat dan persayaratan selain melengkapi dan melaksanakan perundangan yang berlaku, kesanggupan dan komitmen dari perusahaan diminta untuk selalu konsisten dalam proses juga kelangsungan dari implementasi Sistem Manajemen K3. Hal ini dibuktikan langsung oleh Seorang Pimpinan Perusahaan Kontraktor Jasa Konstruksi di bilangan Wonocolo Surabaya, Pimpinan selaku panutan wajib paham dan menjalankan K3 dalam setiap titik perjalanan dalam suatu tahapan pekerjaan, kalau pada setiap titik tahapan pekerjaan tersebut ditanamkan dan dijalankan proses SMK3 maka hasilnya lebih menguntungkan, menguntungkan yang dimaksud adalah dari segi pembiayaan dan dalam segi efektifitas waktu melaksanakan pekerjaan sampai selesai. Sebagai contoh dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan sebuah gedung bertingkat 4 ( empat ) yang dilaksanakan akhir tahun 2012 lalu, mulai awal implementasi SMK3 dilaksanakan di project ini. Hasilnya luar biasa, karena pekerjaan yang seharusnya diselesaikan dalam rencana waktu 8 (delapan ) bulan bisa finish dalam waktu 7 bulan saja, ini memangkas berbagai sektor beban perusahaan terutama biaya dan kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan tenaga kerja.
Hal yang dikatakan membantu dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan tersebut menurutnya adalah implementasi dalam SMK3 seperti contoh : tenaga kerja sudah merasa aman dan nyaman dalam bekerja karena semua pekerja sudah menjalani tes kesehatan dan dilindungi oleh asuransi JAMSOSTEK, sehingga ketika terjadi resiko kecelakaan tenaga kerja sudah terjamin di sektor biaya dan pertanggungan lainnya.
Menurut pengusaha kontraktor jasa konstruksi tersebut yang disampaikan kepada NUSA7 Konsultan, ternyata dalam hal mendapatkan pekerjaan lelang lewat tender kontraktor jasa konstruksi, Sertifikat audit SMK3 menjadi senjata ampuh dalam “bertempur”, sebab selain ada sertifikat ISO manajemen mutu, Sertifikat OHSAS dan sertifikat Lingkungan, maka Sertifikat Audit SMK3 menjadi salah satu syarat yang bisa memuluskan perjalanan bertempur mendapatkan pekerjaan jasa konstruksi, namun dari semua usaha keras yang dilakukan mendapatkan Sertifikat Audit SMK3 ada hal yang sedikit disesalkan oleh pengusaha kotraktor jasa konstruksi, yaitu sosialisasi penerapan SMK3 kepada para pengusaha dirasakan kurang, bahkan hampir sama sekali tidak ada sosialisasi yang langsung disampaikan oleh Disnaker selaku pemangku PP 50 tahun 2012 tentang SMK3.
Pengetahuan, keingintahuan dan kemauan untuk mensukseskan program pemerintah dibidang kelamatan dan kesehatan kerja K3 ini praktis hampir semua tergantung dari kemahiran dan keahlian Konsultan Audit SMK3.

NUSA7 Konsultan memberikan bagian dari hasil Sertifikat Audit SMK3 perusahaan konstruksi secara keseluruhan akan mendapatkan, antara lain :
– Pengembangan perusahaan yang akan dan sudah menerapkan hasil Audit SMK3.
– Penerapan terhadap setiap tiik tahapan terhadap implementasi pra Audit SMK3.
– Pencapaian hasil sempurna menghasilkan Sertifikat AUdit SMK3 sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
– Pengkajian terhadap hasil Pra Audit SMK3 menimbulkan temuan yang harus segera diperbaiki dan di cukupi.
– Pemeliharaan kebijakan SMK3 dalam rangka pengendalian resiko, yang berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Mekanisme Sertifikasi Audit SMK3.
– NUSA7 Konsultan sebagai Konsultan Audit SMK3 perlu memberikan bukti kepada perusahaan tentang penerapan SMK3, perusahaan akan dijadwalkan oleh konsultan agar dapat melakukan audit melalui badan audit resmi yang ditunjuk Menteri
Sertifikat Audit SMK3 dilakukan meliputi 12 unsur perubahan dan sebagai konsultan NUSA7 konsultan akan memberikan penambahan unsur sesuai perkembangan diatur Menteri terkait.
– Dalam tugas nya Konsultan Audit SMK3 memberikan wewenang menialai dan menetapkan perusahaan yang dinilai wajib untuk diaudit berdasarkan pertimbangan tingkat resiko bahaya.
Sertifikat Audit SMK3 dilaksanakan audit ulang sekurang-kurangnya 3 tahun sekali.
– Konsultan Audit SMK3 mengadakan koordinasi dengan kantor tenaga kerja setempat untuk mendukung pelaksanaan mendapat Sertifikat SMK3.
– Didampingi oleh petugas konsultan Audit SMK3 perusahaan wajib menyediakan dokumen yang diperlukan untuk pelaksanaan Audit Sertifikat SMK3.

Badan audit sertifikasi SMK3 wajib menyampaikan laporan audit lengkap kepada Direktur Audit dengan tembusan kepada pengurus perusahaan, laporan tersebut menggunakan formulir yang telah ditetapkan. Setelah menerima laporan audit, lalu direktur audit melakukan evaluasi dan penilaian menggunakan dasar hasil evaluasi dan penilaian, kemudian diberikan sertifikat dan bendera penghargaan sesuai tingkat pencapaian atau bisa juga memberikan instruksi kepada pegawai pengawas untuk
mengambil tindakan juga saran perbaikan berdasarkan hasil temuan audit.

Pada saat menerima sertifikat audit SMK3, perusahaan mempunyai kewajiban untuk melakukan :
Sertifikat Audit SMK3 ditanda-tangani Menteri terkait dan berlaku untuk waktu 3 (tiga) tahun.
– Tugas pembinaan dan pengawasan terhadap penerapan hasil audit SMK3 dilakukan oleh Menteri atau Pejabat yang ditunjuk, dilakukan wajib lapor perusahaan setiap 3 ( tiga ) bulan sekali.
– Besaran biaya pelaksanaan audit harus dibebankan kepada perusahaan yang menginginkan Sertifikat Audit SMK3.

NUSA7 Konsultan Audit SMK3 membantu meminimalkan resiko kegagalan perusahaan dalam meraih penghargaan Sertifikat Audit SMK3 dengan biaya yang sesuai.