Bagaimana mendapatkan sertifikat audit SMK3

Bagaimana mendapatkan sertifikat audit SMK3 , berbagai cara dilakukan untuk menjadi perusahaan nomor satu, yang pertama atau menjadi leader dalam menjalankan kehendak pemerintah, ini tercermin dari usaha para Direktur, Komisaris dan tenaga kerja kontraktor jasa konstruksi dalam mendapatkan sertifikat audit SMK3.  Bagi yang mengharapkan menerapkan Sertifikat Audit SMK3 sebagai hanya syarat ikut “rame-rame” ..  ini tidak akan mungkin terjadi.  Banyak hal yang akan dibutuhkan dalam menjalankan proses mendapatkan Sertifikat Audit SMk3.  Biaya tentu, waktu harus, tenaga kerja ahli K3 wajib, pembentukan SMK3 ya … ini masih 20% yang harus dilakukan..

maka, kita coba untuk menjawab pertanyaan :

Bagaimana mendapatkan sertifikat audit SMK3 oleh konsultan Audit SMK3 kemudian di Audit Eksternal SMK3 oleh lembaga yang ditunjuk Disnaker ini dilakukan ?
Sebagai contoh acak diambil penerapan SMK3 di suatu perusahaan kontraktor jasa konstruksi:
1. Persiapan implementasi sertifikat audit SMK3 oleh konsultan audit SMK3 adalah :
a. mempersiapkan data pekerja / tenaga kerja di semua sektor / departemen / proyek perusahaan kontraktor jasa konstruksi.


a.1 . membuat struktur organisasi kantor kontraktor jasa konstruksi.
a.2 . membuat struktur organisasi proyek kontraktor jasa konstruksi.
a.3. memeriksa / mengumpulkan data NPWP semua pekerja / tenaga kerja kontraktor jasa konstruksi.
a.4. menjalankan tes kesehatan pekerja, pemeriksaan lingkungan kerja dari HIPERKES, mendftarkan pekerja kontraktor jasa konstruksi ke JAMSOSTEK.
2. Persiapan Peraturan K3 dan per undang-undang an yang terkait dengan kontraktor jasa konstruksi meaih sertifikat audit SMK3
a. konsultan Audit SMK3 mempersiapkan semua perundangan dan peraturan terkait dengan proses mendapatkan sertifikat audit SMK3 adalah :
a.1. alat berat.
a.2. tenaga ahli K3.
a.3. teknisi alat.
a.4. APAR adalah Alat Pemadam Api Ringan.
a.5. MSDS adalah Manual Safety Data Sheet.
a.6. P3K adalah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
3. Persiapan untuk melaksanakan Audit SMK3 pp 50 tahun 2012 guna mendapat sertifikat audit SMK3.
a. masa persiapan melaksanakan proses audit SMK3 dikakukan oleh konsultan audit SMK3 dengan melakukukan audit internal SMK3 adalah :
a.1. pemeriksaan dokumen lelang kontraktor jasa konstruksi mulai penawaran sampai dengan pelaksanaan.
a.2. penerapan secara utuh semua aturan SMK3 pp 50 tahun 2012.
a.3. pelaksanaan organisasi P2K3 adalah Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
a.4. pengendalian seluruh dokumen organisasi kantor SMK3 dan organisasi proyek SMK3.
a.5. pemenuhan kebutuhan atas laporan perkembangan pelaksanaan SMK3 kepada Disnakertrans.
4. Penerapan dan pemeliharaan konsep SMK3 yang berlangsung dan yang akan berlangsung adalah :
a. penerapan dan pemeliharaan secara langsung dan tercatat dalam sistem laporan sertifikat audit SMK3 oleh konsultan audit SMK3.
a.1. penerapan sistem laporan SMK3 kepada petugas pengawas Disnakertrans
a.2. penerapan kebijakan SMK3 dari perusahaan terhadap semua fhak antara lain : supplier, sub kontraktor, pelaksana tugar proyek kontraktor jasa konstruksi dikantor dan dilapangan.
a.3. pemeliharaan aturan SMK3 yang sudah ditetapkan dan segera dijalankan oleh perusahaan kontraktor jasa konstruksi.
a.4. pemeliharaan tujuan SMK3 kepada masing masing pemangku tugas pelaksanaan petugas SMK3 di semua bagian kontraktor jasa konstruksi.
5. Pelaksanaan SMK3 dibidang kontraktor jasa konstruksi.
a. petugas konsultan audit SMK3 sebagai pelaksana tugas SMK3 menerapkan secara baik di perusahaan kontraktor jasa konstruksi.
a.1. bobot SMK3 dalam pelaksanan K3 diukur dalam 3 ( tiga ) kategori perusahaan kontraktor jasa konstruksi yaitu kecil, sedang dan besar.
a.2. nilai SMK3 dalam pelaksanaan kategori SMK3 dapat di jadikan patokan pengukuran tingkat keberhasilan SMK3, yaitu dibagi menjadi 3 (tiga ) adalah kurang, baik dan memuaskan.

Dari semua yang tersebut diatas, tentunya ada hal yang sangat berpengaruh terhadap proses sertifikat audit SMK3 pada suatu organisasi atau perusahaan adalah :
1. Kebijakan SMK3 pimpinan perusahaan kontraktor jasa konstruksi.
2. Kepatuhan SMK3 yang akan dilaksanakan.
3. Kewenangan SMK3 yang penuh terhadap petugas K3.
4. Komitmen SMK3 dari pelaksana mulai dari konsultan audit SMK3, Petugas Audit SMK3 sampai pada semua tenaga kerja yang terkait terapan SMK3 perusahaan kontraktor jasa konstruksi.

Akan lebih mudah menjalankan daripada sekedar menerapkan usulan SMK3, sangat terlihat mudah. Sehingga kebutuhan atas konsultan audit SMK3 yang bisa melaksanakan semua tugas dari sebagian kecil paparan sertifikat audit SMK3 diatas sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan memperoleh Sertifikat SMK3 melalui proses konsultasi SMK3 yang cepat dan dapat percaya.

NUSA7 Konsultan menjelaskan bagaimana mendapatkan sertifikat audit SMK3 dengan terperinci dan terarah.  Hubungi 0822 4530 4466 untuk informasi lebih detail.

One thought on “Bagaimana mendapatkan sertifikat audit SMK3

  1. Pingback: Manfaat mempunyai Ahli K3 dalam penerapan sertifikasi SMK3 PP 50 tahun 2012 Kemenakertrans - Nusa7Nusa7

Comments are closed.